Our Blog

Candi borobudur

Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sudah di uji oleh UNESCO dan candi terbesar kedua di dunia setelah Candi Ankor Wat di Kamboja, candi borobudur  saat ini termasuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia.banyak sejarah candi borobudur yang menarik.


Candi Borobudur adalah salah satu candi budha yang ada di di Indonesia. Candi ini memiliki banyak seni di dalamnya, salah satunya yang sangat terkenal adalah seni ukir ( relief ) pada kaki candi atau tubuh candi Borobudur. Relief itu pun adalah hasil seni ukir yang di tujukan sebagai pengisi dinding candi yang mengisahkan suatu cerita.


Dalam relief tersebut terdapat 4 cerita yaitu Relief karmawibanga (menceritakan tentang sebab akibat perbuatan baik dan buruk manusia) yang di pahatkan pada kaki candi, Relief lalitavistara ( menceritakan riwayat sang budha Gautama sejak lahir sampai khotbah pertama di taman rusa ) yang dipahatkan di dinding lorong pertama, Relief jatakamala-awadana ( kumupulan sajak yang menceritakan tentang perbuatan Buddha Gautama dan para bodhisatwa semasa hidupnya ) yang dipahatkan di lorong pertama dan kedua, dan relief gandhiwiyuha-bhadracari (menceritakan tentang usaha sudhana  mencari ilmu yang tinggi sampai sudhana berjanji akan mengikuti bodhisatwa samanthabhadra ) yang di pahatkan pada dinding lorong kedua sampai ke empat.

Candi Borobudur ini merupakan candi yang sangat besar dan banyak wisatawan yang datang kesana, banyak juga wisata asing yang juga ingin mengetahui tentang candi ini.

1 comment:

arie pudjiarso said...

Hahahaa...Kalau lihat Borobudur ini bawaannya ingat pacar :p

Atlantis Indonesia Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.