Our Blog

Kuda Renggong

Bahasa sunda adalah bahasa daerah dari jawa barat. Sunda memiliki banyak kebudayaan, dan sunda memiliki karakteristik tersendiri, semua orang sunda dalam bermasyarakat sangat damai dan santun. Mungkin karena itu wanita wanita sunda sering di bilang lemah lembut ..hehehehehe.. just kid :D


Tapi kali ini saya akan menjelaskan kepada anda kesenian kuda renggong dari Sumedang, Majalengka, dan Karawang. Kuda renggong ini biasanya sering kali di sebut dengan kuda depok. keseniaan ini biasanya gunakan saat seorang anak sedang khitan (sunat). Keseniaan ini tampil dengan menggunankan seekor kuda atau lebih yang didandani secantik mungkin, dan seorang anak yang khitan tersebut didandani bagai seorang raja atau kesatria yang menunggang kuda, atau bisa pula memakai dandanan seperti Dalem Baheula, memakai bendo ,takwa dan memakai kain serta sandal atau sepatu.

berikut adalah sejarah tentang kuda renggong



Aki Sipan adalah orang yang menciptakan seni Kuda Renggong pertama kali di Sumedang. Kini murid-murid Aki Sipan yang masih hidup hanya tinggal seorang, yaitu Aki Ali.
Inilah dokumenter & biografi tentang kekhawatiran seseorang bernama Aki Ali, sebagai satu-satunya murid Aki Sipan yang masih hidup, terhadap keberlangsungan seni Kuda Renggong, seni dimana kuda bisa menari, yang kini terancam punah & habis ditelan masa.
                                 

Atlantis Indonesia Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.