Our Blog

Wayang Suket


Wayang suket adalah bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket sekarang sangat di gemari oleh anak Indonesia, karena wayang suket ini tidak perlu membeli dengan harga yang mahal, hanya tinggal mencara ri rumput yang bisa di bentuk seperti wayang. Tetapi wayang ini tidak bisa bertahan lama, hanya sekali pakai saja. Wayang ini memiliki kegunaan yang sama dengan wayang wayang lainya yaitu, menyampaikan cerita atau bermain, tetapi wayang suket lebih di tujukan kepada anak anak.

Wayang ini pertama di unggah ke panggung pertunjukan di bawa oleh Seniman asal Tegal, Slamet Gundono. Wayang Suket slamet Gundono, awal mulsnya mrnggunakan wayang yang terbuat dari suket, Slamet Gundono lebih mengandalkan unsur teatrikal dan kekuatan berceritera. Dalam pementasan wayang suketnya, Slamet Gundono menggunakan beberapa alat musik untuk mengiringinya yang teridiri dari gamelan, alat petik, tiup dan beberapa alat musik tradisi lainnya.

Kehebatan bertutur dalang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak kalangan Dalang muda yang memuji kemampuan bertutur Slamet Gundono. Misalnya Ki Sigit Ariyanto; " Jangankan dengan wayang, dengan pecahan genteng atau serpihan plastik Gundono dapat mendalang dengan baik". Bahkan menurut Ki Bambang Asmoro, dengan media yang ada, Slamet Gundono bisa menuntun penonton ke dalam emajinasi yang lebih dalam, sehingga roh atau esensi wayang sebagai pertunjukan bayangan "wewayanganing aurip" menjadi lebih bermakna dan multi tafsir.

Atlantis Indonesia Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.