Our Blog

Sejarah Candi Borobudur




Sejarah Candi Borobudur - candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Budha terbesar di indonsia dan candi terbesar kedua di dunia setelah Candi Ankor Wat di Kamboja dan termasuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia saat ini.

Ada banyak versi tentang asal usul nama dari candi ini. Versi pertama menerangkan bahwa nama Borobudur berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “bara” yang berarti kompleks candi atau biara, dan “beduhur” yang berarti tinggi atau di atas.
Versi kedua menerangkan bahwa nama Sejarah Candi Borobudur kemungkinan berasal dari kata sambharabudhara yang memiliki arti gunung yang lerengnya berteras-teras.

Versi ketiga yang diterangkan oleh Prof. Dr. Poerbotjoroko menunjukkan bahwa kata Borobudur berasal dari kata “bhoro” yang berarti biara atau asrama dan “budur” yang berarti tinggi atau di atas.

Pendapat yang di kemukakan oleh Poerbotjoroko ini dikuatkan oleh Prof. Dr. W.F. Stutterheim yang berpendapat bahwa Bodorbudur berarti “biara di atas sebuah bukit”. Sedangkan, versi lainnya lagi yang dikemukakan oleh Prof. J.G. de Casparis yang berdasarkan prasati Karang Tengah, menerangkan bahwa Borobudur berasal dari kata “bhumisambharabudhara” yang berarti tempat pemujaan bagi arwah nenek moyang.

Masih berdasarkan prasasti Karang Tengah dan ditambah lagi dengan prasasti Kahuluan, J.G. de Casparis dalam disertasinya tahun 1950 mengatakan bahwa Sejarah Candi Borobudur diperkirakan didirikan oleh Raja Samaratungga dari wangsa Sayilendra sekitar tahun Sangkala rasa sagara kstidhara, atau tahun Caka 746 (824 Masehi) dan baru dapat diselesaikan oleh putrinya yang bernama Dyah Ayu Pramodhawardhani pada sekitar tahun 847 Masehi. Pembangunan candi ini berdasarkan prasasti Klurak (784 M) dibantu oleh seorang guru dari Ghandadwipa (Bengalore) yang bernama Kumaragacya dan juga seorang pangeran dari Kashmir yang bernama Visvawarma.



Atlantis Indonesia Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.